Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli



Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli Greatedu

Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis dan Dampak Media Sosial Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis dan Dampak Media Sosial Menurut Para Ahli Lengkap – Media sosial adalah sebuah media daring dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Antony Mayfield (2008)

Menurut Antony Mayfield, Media Sosial adalah media yang penggunanya mudah berpartisipasi, berbagai dan menciptakan peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D).

Andreas Kaplan dan Michael Haenlien

Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien , Media Sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content.

Lisa Buyer

Menurut Lisa Buyer, Media Sosial adalah bentuk hubungan masyarakat yang paling transparan, menarik dan interaktif saat ini

Sam Decker

Menurut Sam Decker, Media Sosial adalah konten digital dan interaksi yang dibuat oleh dan antar satu sama lain.

Marjorie Clayman

Menurut Marjorie Clayman, Media Sosial adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:568)

Menurut Philip Kotler dan Kevin Keller, Media Sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.

Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba (2007:3)

Menurut Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba, Media Sosial adalah situs jaringan sosial misalnya layanan berbasis web yang memungkinkan bagi setiap individu untuk membangun profil publik ataupun semi publik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan melihat dan menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibuat oleh orang lain dengan suatu sistem.

Karakteristik Media Sosial

Adapun karakteristik atau ciri-ciri media sosial yaitu:

Partisipasi Media sosial mendorong kontribusi dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau berminat menggunakannya, hingga bisa mengaburkan batas antara media dan audience.

Keterbukaan Kebanyakan media sosial yang terbuka bagi umpan balik dan juga partisipasi melalui sarana voting, berbagi dan juga komentar. Terkadang batasan untuk mengakses dan memanfaatkan isi pesan (perlindungan password terhadap isi cenderung dianggap aneh).

Perbincangan Media sosial memungkinkan terjadinya perbincangan ataupun pengguna secara dua arah.

Keterhubungan Kebanyakan media sosial berkembang pesat karena memiliki suatu kemampuan yang dapat melayani keterhubungan antar pengguna, melalui suatu fasilitas tautan (links) ke website, sumber informasi dan bagi pengguna lainnya.

Fungsi Media Sosial

Adapun fungsi media sosial yaitu:

  • Untuk memperluas interaksi sosial manusia dengan menggunakan internet dan teknologi web
  • Mentransformasi praktik komunikasi searah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) ke dalam praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many).
  • Mendukung demokratisasi pengetahuan dan juga informasi.
  • Mentranformasi manusia dari pengguna isi pesan menjadi pembuat pesan itu sendiri.

Menurut Puntoadi (2011:5), penggunaan media sosial memiliki fungsi, diantaranya yaitu:

  • Membangun personal branding melalui sosial media adalah tidak mengenal trik atau popularitas semu, karena audiens yang akan menentukan. Berbagai sosial media menjadi media untuk orang yang berkomunikasi, berdiskusi dan bahkan menberikan sebuah popularitas di media sosial.
  • Memberikan sebuah kesempatan yang berfungsi interaksi lebih dekat dengan konsumen. Media sosial menawarkan content komunikasi yang lebhi individual. Melalui media sosial pula berbagai para pemasar dapat mengetahui kebiasaan dari konsumen mereka dan melakukan suatu interaksi secara personal serta dapat membangun sebuah ketertarikan yang lebih dalam.

Jenis-Jenis Media Sosial

Menurut Kotler dan Keller, ada tiga platform utama untuk media sosial yaitu:

Online Communities And Forums Terdapat berbagai bentuk dan ukuran komunitas online dan forum, dimana itu banyak dibuat oleh pelanggan atau kelompok pelanggan tanpa adanya bunga komersial maupun afiliasi perusahaan. Sebagian komunitas online dan forum ini disponsori oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan satu sama lain yang melalui posting, instant, messaging, dan juga chatting yang berdiskusi mengenai minat khusus yang bisa berhubungan dengan produk perusahaan dan merek.

Blogs Terdapat sekitar tiga juta pengguna blog dan mereka sangat beragam, beberapa berupa blog pribadi untuk teman-teman dekat dan keluarga, serta yang lainnya dibuat untuk menjangkau dan mempengaruhi khalayak luas.

Social Networks Jaringan sosial telah menjadi kekuatan yang penting baik dalam bisnis konsumen dan juga pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya yaitu facebook, messanger, twitter dan lain sebagainya. Jaringan yang berbeda tersebut menawarkan manfaat yang berbeda untuk perusahaan.

Menurut Puntoadi (2011:34), ada beberapa macam media sosial, diantaranya yaitu:

Bookmarking Bookmarking memberikan kesempatan untuk menshare link dan tag yang diminati. Hal tersebut bertujuan agar setiap orang bisa menikmati yang kita sukai.

Content Sharing Melalui situs content sharing tersebut orang menciptakan berbagai media dan publikasi untuk berbagi dengan orang lain. YouTube dan Flikr merupakan situs content sharing yang biasa dikunjungi oleh banyak orang..

Wiki Sebagai situs yang memiliki berbagai karakteristik yang berbeda misalnya situs knowledge sharing, wikitravel yang berfokus pada informasi tempat, dan konsep komunitas lebih eksklusif.

Flickr Situs yang dimiliki yahoo mengkhususkan image sharing dengan kontributor yang ahli di setiap bidang fotografi di seluruh dunia. Flickr menjadikan photo catalog yang setiap produk bisa dipasarkan.

Social Network Aktivitas yang menggunakan fitur yang disediakan oleh situs tertentu menjalin sebuah hubungan, interaksi dengan sesama. Situs sosial networking tersebut diantaranya linkedin, facebook, dan MySpace.

Creating Opinion Media sosial ini memberikan sarana berbagi opini dengan orang lain di seluruh dunia. Melalui creating opinion, semua orang bisa menjadi penulis, jurnalis dan sekaligus komentator.

Menurut Kaplan dan Haenlein, jenis-jenis media sosial diantaranya yaitu:

Konten Pengguna situs ini mengklik setiap konten saham konten media, misalnya seperti gambar, video, ebook dan lain sebagainya.

Proyek Kolaborasi Situs ini memungkinkan pengguna bisa mengubah, menambah, ataupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website. Contohnya seperti wikipedia.

Blog dan Microblog Pengguna bebas dalam mengekspresikan sesuatu hal misalnya ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. contohnya twitter.

Virtual Game World Sebuah dunia maya, dalam lingkup 3D mengreplikasikan pengguna dalam bentuk yang diinginkan dan berinteraksi dengan orang lain baik dunia nyata.

Virtual Social World Virtual dunia yang pengguna merasa hidup dunia maya, misalnya dunia game virtual berinteraksi dengan orang lain. Namun, dunia virtual sosial lebih luas dan lebih ke arah kehidupan misalnya second life.

Dampak Media Sosial

Adanya media sosial tentu saja memiliki dampak positif/baik dan dampak negatif/buruk. Adapun dampak positif dan dampak negatif media sosial, diantaranya yaitu:

Dampak Positif Media Sosial

Adapun dampak positif media sosial yaitu:

  • Mempererat silaturahim
  • Menyediakan ruang untuk berpesan positf. Sosial media telah banyak digunakan oleh para tokoh agama, motivator, dan juga ulama.
  • Mengakrabkan hubungan pertemanan.
  • Menyediakan informasi yang tepat dan akurat.
  • Menambah wawasan dan pengetahuan.

Dampak Negatif Media Sosial

Adapun dampak negatif media sosial, yaitu:

  • Penipuan
  • Pornografi
  • Prostitusi
  • Sarana penyebaran ideologi paling efektif dan efisien.
  • Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata.
  • Situs jejaring sosial menjadi tempat bagi orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan
  • Remaja dan anak, mudahnya mengeluarkan bahasa apapun di media sosial

Demikian penjelasan tentang Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis dan Dampak Media Sosial Menurut Para Ahli Lengkap , semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Gallery Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli Dan

Menggunakan Media Sosial Untuk Keperluan Bisnis Blog Dewaweb

Pengertian Media Sosial Karakteristik Fungsi Jenis Dan

Ana Da Ike

Perubahan Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi Kelas 12

Kelompok Sosial Pengertian Ciri Ciri Faktor Pembentuk

Pengertian Media Sosial Menurut Ahli Sejarah Tujuan Dan

Pengertian Media Sosial Sejarah Jenis Ciri Ciri Dan

Pengertian Pengaruh Menurut Para Ahli Wag Paws

Pengertian Engagement Di Media Sosial Dan Cara Mengukurnya

Pengertian Media Sosial Karakteristik Fungsi Jenis

Pengertian Sosial Media Menurut Para Ahli

Politik Media Sosial Dan Masa Depan Halaman All Kompasiana Com

Definisi Kesehatan Masyarakat Menurut Para Ahli Apchexpo Com

Teori Media Sosial Menurut Para Ahli Dunia Membuat Anda Kaget

Saat Remaja Tak Bisa Kendalikan Diri Di Media Sosial

Influencer Media Sosial Mega Macro Micro Dan Nano

Waras Bermedia Sosial

7 Prediksi Ahli Tentang Media Sosial Di 2019 Akankah Benar

Pengertian Modal Sosial Unsur Fungsi Dan Jenis Jenis Modal

New Media Definisi Pandangan Manfaat Komponen Aplikasi


Comments