Bagian Otak Dan Fungsinya



Pengertian Struktur Bagian Dan Fungsi Otak Belakang

Mengenal 9 Bagian Bagian Otak dan Fungsinya + Gambar Ilustrasi

By Ken Pandu di 18:25

Bagian Bagian Otak - Otak adalah organ yang berfungsi sebagai pusat koordinasi seluruh bagian tubuh. Organ ini terletak di dalam kepala dan dilindungi oleh tulang tengkorak. Ukurannya sendiri bervariasi. Pada orang dewasa, otak bisa memiliki berat antara 1,3 sd 1,4 kg dan volume sekitar 1,7 liter, sementara pada bayi baru lahir, berat otak hanya berkisar 0,35 sd 0,40 kg dan volume sekitar 0,9 liter.

Sebagai pusat koordinasi seluruh tubuh, otak terdiri dari beberapa bagian penting yang memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang bagian bagian otak dan fungsinya tersebut secara lengkap dengan disertai gambar yang bisa memudahkan pemahaman Anda.

Bagian Bagian Otak dan Fungsinya

Secara umum, otak terdiri dari 3 bagian utama, yaitu otak depan (prosensefalon), otak tengah (mesensefalon), dan otak belakang (rhombensefalon). Ketiga bagian-bagian otak tersebut tersusun lagi atas struktur yang berbeda.

Otak depan tersusun atas serebrum (otak besar), thalamus, hipotalamus, dan kelenjar pituitari. Otak tengah tersusun atas tektum dan tegmentum. Sedangkan otak belakang tersusun atas serebelum (otak kecil), pons, dan medula.

Serebrum atau juga disebut korteks serebral adalah bagian otak yang berukuran paling besar dan terletak paling depan dari bagian-bagian otak lainnya. Oleh karena itu, serebrum juga sering disebut dengan istilah otak besar. Secara umum, serebrum berfungsi untuk mengontrol perilaku yang telah sebelumnya telah dipelajari manusia, seperti pusat kesadaran, kecerdasan, ingatan, keinsafan, dan interaksi kesan.  Namun, secara khusus, fungsi serebrum tersebut ditunjang oleh fungsi 4 bagian yang terdapat padanya. Keempat bagian serebrum yang kerap disebut “lobus” tersebut yaitu lobus frontalis, lobus parietalis, lobus oksipital, dan lobus temporal.
  1. Fungsi lobus frontalis adalah terkait dengan penalaran, perencanaan, bagian dari ucapan, gerakan, emosi, dan pemecahan masalah.
  2. Fungsi lobus parietalis adalah berhubungan dengan gerakan, orientasi, pengenalan, persepsi rangsangan.
  3. Fungsi lobus oksipitalis adalah berhubungan dengan pengolahan visual.
  4. Fungsi lobus temporalis adalah berhubungan dengan persepsi dan pengakuan rangsangan, memori, ucapan, dan pendengaran.
Untuk menjalankan fungsinya masing-masing, keempat lobus pada serebrum memiliki 3 area dengan peran yang berbeda-beda, yaitu area sensori, area motor, dan area asosiasi.
  1. Area sensori berkaitan dengan proses penerimaan rangsangan dari reseptor pada indra.
  2. Area motor berkaitan dengan respon rangsang yang sampai ke otak melalu perintah ke efektor, misalnya otot atau kelenjar.
  3. Area asosisasi berkaitan untuk menghubungkan area sensori dan area motor. Area asosiasi sayang mempengaruhi bagaimana proses belajar seseorang, seperti berpikir, membuat keputusan, menyimpan ingatan, dan mempelajari bahasa.
Permukaan serebrum memiliki banyak kerutan yang membuatnya lebih efisien dalam meningkatkan luas permukaan otak dan jumlah neuron di dalamnya. Semakin banyak kerutan pada permukaan serebrum maka akan semakin banyak jumlah neuron yang terdapat dalam otak, sehingga membuat otak tersebut semakin lebih cerdas. Perhatikan gambar perbandingan antara otak tikus dan otak manusia di bawah ini!

Pada permukaan serebrum bagian tengah, kita dapat menemukan adanya alur dalam yang membagi serebrum menjadi 2 bagian yang simetris. Kedua bagian ini yang kerap kita kenal dengan istilah otak kiri (hemisfer kiri) dan otak kanan (hemisfer kanan). Meski simetris, namun kedua bagian serebrum ini diyakini memiliki fungsi yang berbeda.

Otak kanan lebih dikaitkan dengan kreativitas, sementara otak kiri lebih dikaitkan dengan kemampuan logika. Kedua bagian otak ini dihubungkan oleh seikat akson yang bernama Corpus Callosum. Thalamus adalah bagian otak berwarna abu-abu dan berukuran 1 inch yang terletak di bagian pusat otak manusia (di bawah otak besar dan di atas diencephalon). Bagian otak ini memiliki fungsi sensorik dan motorik. Artinya, hampir semua informasi sensorik dari panca indra (kecuali penciuman) akan memasuki bagian otak ini untuk diproses sebelum akhirnya dikirim ke area sensori yang terdapat di serebrum. Dengan kata lain, talamus berfungsi sebagai pusat penerus impuls dari panca indra ke serebrum.

Hipotalamus adalah bagian otak yang letaknya tepat berada di bawah talamus. Bagian ini memiliki fungsi penting sebagai pusat koordinasi sistem syaraf autonom (sistem hormon dan kelenjar pada manusia) yang mengendalikan kestabilan suhu tubuh, selera makan, lapar dan haus, tekanan darah, metabolisme karbohidrat dan lemak, mengatur keseimbangan jumlah cairan, tingkah laku, hingga pola tidur. Selain itu, hipotalamus juga dapat mengontrol fungsi tertentu pada kelenjar pituitari yang terletak di bawah otak.
Bagian Bagian Hidung dan Fungsinya Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya Bagian Bagian Mata dan Fungsinya
Kelenjar pituitari (kelenjar hipofisis) adalah kelenjar endokrin yang terletak di bagian paling bawah dari cerebrum, tepatnya di bagian lekuk kecil dasar otak (sela tursika) di bawah hipotalamus. Antara hipotalamus dan kelenjar pituitari ini dihubungkan oleh sebuah tangkai kecil. Kelenjar ini menghasilkan berbagai macam hormon yang berfungsi untuk mengendalikan kelenjar-kelenjar lain yang terdapat di seluruh tubuh manusia. Tectum dan Tegmentum adalah dua bagian yang menyatu pada otak tengah (midbrain). Keduanya terdiri atas 3 bagian, yaitu (1) kolikuli superior (lobus optik) yang berfungsi sebagai pusat pengatur gerak bola mata, refleks pupil, dan refleks akomodasi; (2) kolikuli inferior yang berfungsi sebagai pusat auditori (syaraf pendengaran); dan (3) sekelompok syaraf yang bekerja mengatur tonus otot dan postur tubuh seseorang. Untuk diketahui, otak tengah sebetulnya adalah bagian awal (pangkal) dari batang otak. Serebelum (otak kecil) adalah bagian otak yang letaknya berada tepat di bawah lokus oksipital otak besar. Bagian otak ini mempunyai struktur yang sangat mirip dengan otak besar, tapi ia memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Fungsi serebelum adalah sebagai pusat pengendali keseimbangan tubuh, mengatur sebagian gerak motorik, dan koordinasi gerakan antar otot. Pons adalah berkas serabut tebal yang melintang dari satu hemisfer ke hemisfer lainnya pada otak. Serabut yang panjangnya 2,5 cm ini berfungsi sebagai jembatan penghubung yang membawa impuls dari otak besar ke otak kecil. Medula oblongata terletak di antara sumsum tulang belakang dan otak. Fungsi bagian otak ini adalah untuk mengatur denyut jantung, tekanan darah, sekresi ludah, pernapasan, menelan (gerak peristaltik), batuk, dan bersin. Penggunaan obat batuk yang mengandung dextrometorphan digunakan untuk memberikan impuls pada bagian ini agar dapat mengendalikan batuk. Batang otak adalah sebutan untuk bagian belakang otak yang merupakan kesatuan antara medula oblongata, pons, dan otak tengah. Fungsi batang otak adalah untuk meneruskan rangsangan (impuls) ke otak besar dan menyilangkan serat kortokospinal. Untuk diketahui, penyilangan serat kortokospinal yang terdapat di batang otak membuat tubuh kiri dikendalikan oleh otak kanan, dan sebaliknya. Para ilmuwan mengatakan bahwa batang otak adalah bagian "paling sederhana" dari otak manusia karena seluruh otak hewan juga memiliki bagian ini dengan bentuk yang persis menyerupai batang otak kita.

Nah, demikianlah penjelasan tentang bagian bagian otak dan fungsinya. Dari penjelasan ini, dapat kita simpulkan bahwa sebagai pusat koordinasi tubuh, otak kita ternyata memiliki bagian-bagian yang begitu kompleks, baik ditinjau dari struktur maupun fungsinya. Penelitian tentang otak manusia terus dilakukan hingga saat ini untuk mengetahui alasan tentang bagaimana otak bisa berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan dan nalar manusia.

Tags : Organ, Sistem Koordinasi

Terkait : Mengenal 9 Bagian Bagian Otak dan Fungsinya + Gambar Ilustrasi

Gallery Bagian Otak Dan Fungsinya

Otak Pengertian Struktur Fungsi Bagian Ilmu Dasar

Pengertian Fungsi Dan Bagian Bagian Otak Manusia

Bagian Bagian Otak Manusia Dan Fungsinya Di 2019 Otak

Bagian Otak Dan Fungsinya

Mengenal Bagian Bagian Otak Manusia Beserta Fungsinya Otak

Bagian Bagian Otak Psychologymania

Struktur Otak Manusia Dan Fungsi Tubuh Manusia Media

Otak Tengah Mesencephalon Pengertian Fungsi Struktur

Mengenal Bagian Otak Manusia Dan Fungsinya Bagi Tubuh Umbrars

Sebutkan Bagian Otak Beserta Fungsinya Brainly Co Id

Bagian Otak Manusia Dan Fungsi Yes Therapy Helps

Bagian Otak Pengenalan Dan Fungsinya Untuk Tubuh

Fungsi Dan Bagian Otak Manusia Wajib Tahu Jagoan Kode

Otak Manusia Pengertian Anatomi Bagian Fungsi Kanan Kiri

Bagian Organ Tubuh Manusia Gambar Penjelasan Fungsi

Mengungkap Misteri Bagian Otak Manusia Pusat Terapi Modern

Pengertian Batang Otak Brainstem Fungsi Struktur Dan

Batang Otak Pengertian Fungsi Letak Bagian Pyramid

Pons Otak Pengertian Fungsi Bagian Beserta Strukturnya

Sebutkan Bagian Bagian Otak Dan Fungsinya Hisham Id

Fungsi Bagian Bagian Otak Alodokter

Mengenal 9 Bagian Bagian Otak Dan Fungsinya Gambar Ilustrasi

Clickyhun Complete Education

Bagian Otak Manusia Dan Fungsinya Lengkap Penjelasan Dan

Fauzia Blog Berkenalan Dengan Berbagai Bagian Otak Manusia

Anatomi Otak Dan Fungsi Otak Manusia Terapimusik Com

Pengertian Otak Bagian Bagian Otak Struktur Otak Dan

Pengertian Fungsi Dan Bagian Bagian Otak Manusia Ilmu

Bagian Bagian Otak Dan Fungsinya Pada Manusia Terlengkap


Comments