Baju Adat Sumatera Utara



Apa Nama Baju Adat Untuk Daerah Batak Quora

10 Baju Adat Sumatera Utara

Ditulis oleh Dede Mahmud Jumat, 09 Desember 2016 Edit
10 Baju Adat Sumatera Utara | TradisiKita.my.id - Baju Adat merupakan salah satu bentuk budaya suatu Bangsa. Indonesia merupakan negara dengan beragam suku Bangsa, oleh karenanya Bangsa kita juga kaya akan keanekaragaman baju adatnya. Eksistensi baju adat daerah sedikit demi sedikit tergerus oleh modernisasi. Hal ini nambak dari pudarnya pengetahuan tentang ragam baju adat daerah, hingga beberapa waktu lalu terjadi sedikit kegaduhan atas sebuah foto yang diunggah ke akun media sosial yang menggambarkan Presiden Jokowi sedang menggunakan pakaian adat Sumatera Utara. Pada artikel kali ini, TradisiKita akan mengajak Sobat untuk lebih mengenal berbagai baju adat dan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Utara.
Baju atau pakaian adat Sumatera Utara ini bisa dibilang cukup banyak. Setiap daerah di Sumatera Utara memiliki baju adat khas tersendiri. Mari kita kenal pakaian adat Sumatera Utara tersebut satu persatu :
Suku Batak memang miliki beberapa sub yang pada umumnya disesuaikan dengan posisi tempat tinggal mereka. Demikian pula dengan Suku Batak Simalungun. Suku Batak Simalungun memang kebanyakan tinggal di Kabupaten Simalungun dan sekitarnya. 
Penggunaan kain ulos merupakan salah satu ciri pakaian adat Sumatera Utara. Demikian pula dengan pakaian adat Simalungun ini. Hanya saja di Simalungun kain ulos disebut dengan Kain Hiou. Pengenaan pakaian adat Batak Simalungun ini akan dilengkapi dengan beragam aksesoris, misalnya penutup kepala dan kain samping. Penutup kepala yang dikenakan laki-laki disebut Gotong, untuk perempuan disebut Bulang, sementara kain sampingnya disebut Suri-suri. Berikut gambar pakaian adat Batak Simalungun :
Baju Adat Batak Simalungun
Suku Batak Toba adalah merupakan sub atau bagian dari suku bangsa Batak. Suku Batak Toba meliputi Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, sebagian Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga dan sekitarnya.

Pakaian adat Batak Toba didominasi penggunaan kain ulos. Kain ulos merupakan kain tradisional dari Sumatera Utara. Pakaian Batak Toba ini kerap digunakan ketika menghadiri upacara atau ritual adat seperti pernikahan dan Pesta.

Baju Adat Batak Toba
Suku Batak Karo merupakan suku Batak yang tinggal di daerah Kabupaten Karo Sumatera Utara, serta sebagian di Provinsi Aceh yaitu meliputi Wilayah Kabupaten Karo, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Deli Serdang. Suku Batak Karo memiliki bahasa tersendiri yang disebut bahasa Karo atau cakap karo.

Adapun pakaian adat suku Batak Karo dari Sumatera Utara ini didominsai oleh warna merah dan hitam dan penuh dengan perhiasan emas. Baju adat Batak Karo dari Sumatera Utara dibuat dari Kain Uis yaitu kain tenun dari Kabupaten Karo Sumatera Utara.

Baju Adat Batak Karo

4. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Batak Pakpak

Etnis Batak Pakpak merujuk pada suku Batak Pakpak yang tinggal di daerah Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Dairi.

Baju  adat Sumatera Utara dari daerah Pakpak ini menggunakan kain Oles, yaitu kain tradisional daerah Pakpak dilengkapi dengan berbagai aksesorisnya.

Baju Adat Batak PakPak Sumatera Utara

5. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Batak Angkola

Suku Batak Angkola adalah salah satu sub suku Batak yang ada di daerah Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Nama Angkola sendiri berasal dari nama sungkai yakni Batang Angkola (Batang =Sungai). Seperti suku Batak lainnya di Sumatera Utara, pakaian adat Batak Angkola juga menggunakan kain ulos.
Pakaian Adat Batak Angkola Sumatera Utara

6. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Batak Mandailing

Suku Adat Batak Mandailing adalah adalah salah satu sub suku Batak yang ada di Kabupaten Mandailing Ntal, Padang Lawas dan juga terdapat di beberapa daerah di Kabupaten Tapanuli selatan. Kebudayaan Batak Mandailing ini dipengaruhi oleh kebudayaan Minangkabau. Tidak terkeculai dengan Baju Adat Mandailing seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini :
Pakaian Adat Batak Mandailing - Sumatera Utara

7. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Batak Samosir

Suku Batak Samosir, adalah salah satu suku Batak yang terdapat di kabupaten Samosir dan sebagian kecil kabupaten Toba Samosir yang wilayahnya berada di pulau Samosir dan sekitarnya. Dahulu suku Batak Samosir ini dikelompokkan ke dalam kesatuan suku Batak Toba. Tetapi akhir-akhir beberapa berita mengatakan bahwa suku Batak Samosir ini merupakan suatu etnis yang berbeda dan terpisah dari suku Batak Toba. Sejak pembagian distrik HKBP wilayah suku Batak Samosir dinyatakan berbeda dengan wilayah suku Batak Toba, walau pada dasarnya mereka adalah satu suku bangsa. Berikut ini contoh gambar pakaian adat suku Batak Samosir :
Pakaian Adat Batak Samosir

8. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Batak Sibolga

Suku Batak Sibolga adalah suatu suku yang terdapat di sebagian besar Kabupaten Tapanuli Tengah khususnya wilayah pegunungan dan sebagian kecil Kabupaten Tapanuli Utara tepatnya di Kecamatan Adiankoting. Suku ini sebenarnya berawal dari interaksi antara suku Batak Toba, Silindung dan Humbang dengan wilayah pesisir Tapanuli untuk menukarkan hasil pertanian mereka dengan hasil laut masyarakat Batak Pasisi. Seiring berjalannya waktu, suku ini bermigrasi lebih dekat ke pesisir untuk memudahkan kegiatan pertukaran hasil pertanian mereka dengan hasil laut.  Berikut ini gambar Baju Adat Sumatera Utara khususnya pakaian adat Batak Sibolga :
Baju Adat Batak Sibolga

9. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Nias

Suku Nias adalah kelompok masyarakat yang hidup di Pulau Nias, Provinsi Sumatera Utara. Dalam bahasa aslinya, orang Nias menamakan diri mereka "Ono Niha" (Ono = anak/keturunan; Niha = manusia) dan pulau Nias sebagai "Tanö Niha" (Tanö = tanah).

Pakaian Adat Suku Nias dinamakan Baru Oholu  untuk pakaian laki-laki dan Oroba Sioli untuk pakaian perempuan. Warna pakaian adat Nias Sumatera Utara ini biasanya berwarna emas atau kuning yang dipadukan dengan warna lain seperti hitam, merah dan putih

Berikut ini gambar pakaian adat Suku Nias Sumatera Utara
Baju adat Nias Sumatera Utara

10. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Melayu

Pakaian adat melayu digunakan oleh masyarakat suku Melayu yang tinggal di Sumatera Utara antara lain di Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Langkat, Kabupaten Batubara dan Kabupaten Serdang Bedagai.
Demikian Sobat Tradisi, 10 Baju Adat Sumatera Utara yang bisa kami informasikan untuk Sobat Tradisi semua. Semoga bermanfaat.

Sumber :

  • http://girsangvision.blogspot.co.id/2012/01/hiou-pakaian-adat-batak-simalungun.html
  • http://www.dinamikakepri.com/2016/08/ketahui-inilah-6-macam-jenis-pakaian.html 
  • http://welcometonias.blogspot.co.id/2012/10/pakaian-adat-suku-nias-baru-oholu-untuk.html 
  • http://batak-people.blogspot.co.id

Gallery Baju Adat Sumatera Utara

Boneka Pakaian Adat Sumatera Utara

8 Potret Kahiyang Ayu Pakai Baju Daerah Indonesia Cantiknya

Sewa Baju Adat Sumatera Utara Medan Di Bekasi 0819 3269 2772

Photo Bersama Dengan Baju Adat Melayu Deli Sumatera Utara

Bawakan Lagu Sigulempong Psm Uisi Menyabet Juara Harapan 1

Pakaian Adat Sumatera Utara Lengkap Gambar Dan

Pakaian Adat Riau Serta Keunikan Sejarah Dan Gambarnya

10 Pakaian Adat Daerah Sumatera Utara Gambar Dan Penjelasannya

9 Ragam Baju Adat Sumatera Yang Keren Dan Wajib Kamu Tahu

12 Pakaian Adat Sumatera Utara

Pakaian Adat Batak Toba Dan Pakaian Pengantin Adat Batak Toba

Pakaian Adat Sumatera Utara Medan Batak Karo Batak

Pakaian Adat Sumatera Utara Lengkap

Baju Adat Sumatera Utara Afibusana

Baju Adat Anak Medan Baju Batak Adat Sumatera Utara

Sumatera Utara Archives Fakta88

12 Nama Pakaian Adat Sumatera Barat Lengkap Gambar

7 Nama Pakaian Adat Sumatera Utara Dan Penjelasannya

7 Nama Pakaian Adat Sumatera Utara Dan Penjelasannya

7 Pakaian Adat Sumatera Utara Gambar Dan Penjelasan

Pakaian Adat Wilayah Sumatera Indonesia Steemit

Vue Sur Le Jardin Picture Of Maimun Palace Medan

Bulangtapsel Hashtag On Instagram Posts About Photos And

Detil Produk Asesoris Pakaian Adat Sumatera Utara

34 Pakaian Adat Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke Lengkap

12 Nama Pakaian Adat Sumatera Barat Yang Perlu Kamu Ketahui


Comments