Cara Menanam Jahe Merah



Panduan Lengkap Cara Bisnis Budidaya Jahe Merah Analisa Dan

Cara Budidaya Jahe Merah Dalam Polybag Agar Cepat Menghasilkan

Sebelum kita mulai belajar tentang bagaimana cara budidaya jahe dalam polybag, alangkah baiknya kita pahami dulu beberapa hal berikut ini.

Perencanaan

Jadilah pribadi yang realistis, logis dan selalu melangkah dengan hitungan yang pasti. Carilah informasi dari sumber-sumber terpercaya, jangan lupa juga untuk menyaring semua informasi yang sudah didapatkan secara logis.

Ingat, biasanya ada beberapa informasi yang disampaikan dengan samar dan sarat akan kepentingan. Misalkan, info budidaya jahe dengan bobot yang kurang realistis dengan cara menggunakan produk tertentu.

Karena bisa jadi si pembuat informasi tersebut adalah seorang penjual produk perkebunan dengan harapan bisa memasarkan produknya (namun tak ada salahnya juga untuk mencobanya kalau memang itu benar adanya).

Informasi yang seperti itu terkadang malah tidak berfokus dengan bagaimana cara dan proses yang baik dan benar, melainkan langsung menuju ke cara yang cenderung instan. Padahal hal semacam itu sangat beresiko, khususnya untuk para pemula yang ingin berkecimpung dalam bidang budidaya.

Artikel terkait: Cara Cerdas Budidaya Jahe Gajah agar Hasil Maksimal

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk para pemula untuk memiliki sebuah direktori yang bisa ia jadikan sebagai panduan dalam proses “Learning by doing” dalam bidang budidaya.

Persiapan

Lakukan perhitungan dengan sedetail mungkin, atau bisa juga kamu membuat rencana anggaran biaya jika memang dalam skala yang cukup besar. Karena hal tersebut akan sangat membantu untuk mengontrol setiap kegiatan yang kita lakukan dalam melakukan kegiatan budidaya.

Tetapkan metode yang akan kamu gunakan dalam me-manage aktifitas budidaya. Berdasarkan analisa dari kondisi lahan yang akan kita gunakan, serta efektifitas budidaya. Hal tersebut akan membantu kita dalam mencapai target yang sudah kita tetapkan melalui anggaran biaya yang sudah kita buat tadi.

Setelah kita dapatkan metode apa yang akan kita terapkan. Saatnya masuk ke bagian analisa resiko, hal ini bertujuan untuk mengkaji ulang metode yang akan kita gunakan dengan beberapa tahapan. Misalkan dengan analisa resiko dan solusi yang bisa kita gunakan untuk mengatasi kendala yang mungkin akan kita hadapi di tengah jalan.

Pelaksanaan

Pertama-tama kita harus menyiapkan bibit serta kebutuhan lainnya, seperti obat-obatan, pupuk dan lain sebagainya. Agar jadwal penanaman yang sudah kita tetapkan dari awal tidak terganggu dengan hal-hal semacam itu.

Pengolahan lahan dan penyiapan media tanam. Setalah itu, masukkan pupuk dasar sebelum penanaman bibit.

Lakukan perawatan dan pemeliharaan secara rutin. Misalkan dengan membersihkan gulma serta pemberian pupuk tambahan dan lain sebagainya.

Manajemen panen

Kita harus punya informasi yang akurat tentang harga pasar serta jumlah permintaan sebelum kita melempar produk kita kepasaran.

Berdasarkan data yang kita dapat dari pasar baru bisa kita memanen hasil budidaya. Dari data tersebut kita juga bisa menentukan hasil panen kita nantinya akan kita jual dalam bentuk olahan atau masih mentah. Tentu hal ini sangat dipengaruhi oleh permintaan pasar.

Perencanaan umum tentang cara budidaya jahe merah dalam polybag

1. Menyiapkan media tanam

Media tanam yang akan kita pakai adalah polybag atau karung bekas. Jika kamu menggunakan karung, bisa gunakan karung bekas beras ataupun pakan ternak.

Semakin besar ukuran karung, media pengisi yang kita butuhkan juga semakin banyak, selain itu produktifitas jahe juga akan semakin besar. Namun disarankan untuk menggunakan polybag dengan ukuran minimal 40×50 cm.

Media yang kita butuhkan untuk mengisi polybag antara lain: Tanah, pupuk organik dan pasir dengan perbandingan 2:1:1 atau bisa juga 3:2:1.

Tanah

Tanah yang baik utuk digunakan adalah tanah yang gembur dan subur. Gembur artinya adalah tanah yang remah dengan komposisi antara tanah liat, pasir dan debunya seimbang.

Subur berarti, tanah yang banyak mengandung unsur hara. Jika tanah yang kita gunakan adalah tanah yang gembur dan subur kita tidak membutuhkan banyak tambahan bahan lain seperti pasir dan juga pupuk.

Pasir

Media pasir sangat dibutuhkan jika tanah yang kita gunakan memiliki kandungan fraksi liat yang lumayan tinggi. Pasir yang digunakan pun juga harus pasir ladu atau pasir yang mengandung lumpur. Selai harganya yang murah, pasir jenis ini juga mengandung banyak bahan mineral endapan yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Pupuk organik

Untuk pupuk organik, kita bisa gunakan pupuk kandang, kompos atau juga bokashi (pupuk hasil fermentasi dari mikroorganisme). Jika kita akan menggunakan pupuk kandang, lebih baik gunakan pupuk kandang yang sudah dihancurkan dan difermentasi, Hal tersebut bertujuan agar lebih mudah untuk diserap oleh tanaman.

Semua media tersebut campur secara merata sambil bersihkan dari benda-benda yang kira-kira akan mengganggu, seperti palastik, batu dan lain sebagainya.

kemudian masukkan ke dalam karung atau polybag yang sudah kita siapkan tadi. Pengisian karung cukup 15-20 cm bagian saja, karena selama masa pertumbuhan tanaman nanti akan dilakukan penambahan pupuk organik yang tentunya akan menambah volume dari polybag.

2. Pembibitan jahe

Persiapan pembibitan

Syarat memilih bibit jahe yang bagus untuk ditanam:

  • Berasal dari tanaman jahe yang sudah tua, biasanya hal tersebut ditandai dengan tajuk yang sudah kering, kira-kira berumur 9-10 bulan.
  • Rimpang jahe sudah melewati masa dormansi (1-1,5 bulan), jahe masih segar dengan tidak ada tanda bibit penyakit serta pembusukan.
  • Kulit rimpang tidak lecet atau memar karena bekas galian.
  • Pilih rimpang subur dan subur.
  • Bibit yang berkualitas adalah bibit yang baik (tidak disimpan terlalu lama).
  • Memenuhi syarat akan mutu genetik, mutu fisiologis (persentase tumbuh tinggi) serta mutu fisik yang bagus dan tahan terhadap hama penyakit.
  • Rimpang yang akan dijadikan sebagai bibt, sebaiknya dipotong-potong dengan cutter yang steril atau bisa juga dipotes langsung dengan menyisakan 2-3 bakal mata tunas dengan bobot sekitar 25-60 gram untuk jahe putih besar, 20-40 jahe putih kecil dan jahe merah.

Estimasi kebutuhan benih untuk lahan per hektar untuk jahe putih besar (panen tua) membutuhkan benih sekitar 2-3 ton dan 5 ton untuk jahe putih besar (panen muda). Sedangkan jahe merah dan jahe emprit sekitar 1-1,5 ton.

Pengecambahan

Jika kamu khawatir dengan akan adanya serangan jamur, bibit bisa kita rendam terlebih dulu dalam larutan fungisida (misalkan Dithane M-45) selama kurang lebih 15 menit (untuk budidaya konvensional).

Jika tidak, benih cukup direndam atau dibasahi dengan air, kemudian letakkan di tempat yang lembab agar bisa berkecambah dengan baik. Selain itu, kita juga harus mengontrolnya setiap hari dengan cara membasahinya jika bibit sudah mulai mengering. Bibit akan mulai berkecambah kira-kira sekitar 2 minggu.

Penyemaian

Salah satu cara untuk menyemaikan jahe adalah dengan menggunakan peti kayu dengan urutan kerja sebagai berikut.

a. Pada bagian dasar peti letakkan bakal bibit selapis

b. Beri sekam padi atau abu gosok, kemudian bibit jahe tersebut beri abu gosok lagi. Terus begitu sampai yang paling atas adalah sekam padi atau abu gosok (berlapis, bibit, abu gosok, bibit, abu gosok).

c. Benih tersebut akan mulai bertumbuh dalam kurun waktu 2-4 minggu. Jika sudah tumbuh dengan ketinggian sekitar 10 cm (3-5 daun). Jika sudah begitu bisa kita ambil bibit tersebut dari rimpangnya lalu kemudian kita tanam dalam karung atau polybag.

d. Rimpang yang tersisa bisa kita tanam kembali di tempat penyemaian agar tumbuh bibit yang lain. (satu buah rimpang bisa menghasilkan sekitar 2-4 bibit).

e. Setelah bibit kita tanam, tanaman jahe tersebut jangan langsung kita tempatkan pada ruang yang terbuka dengan paparan sinar matahari secara langsung. Melainkan harus kita adaptasikan terlebih dulu di tempat yang memiliki naungan hingga berumur sekitar 1,5-2 bulan.

3. Menanam

Penanaman bibit jahe dalam polybag atau karung haruslah sangat hati-hati. Buatlah lubang pada polybag, kira-kira sebesar ukuran bibit, kemudian masukkan medianya (tanah, pasir dan pupuk) beserta bibitnya ke dalam polybag.

Setelah itu tutup tutup dengan media disekitarnya dan padatkan ala kadarnya saja. Setelah proses penanaman selesai, media dan bibit harus sering dengan air secukupnya agar kebutuhannya untuk bertumbuh tercukupi dengan baik.

4. Memelihara

Pemeliharaan tanaman jahe dalam polybag atau karung sangatlah mudah, pemeliharaan tersebut biasanya meliputi: penyiangan, penyiraman penggemburan media, pemupukan serta pengendalian hama dan penyakit.

5. Memanen

Tanaman jahe yang sudah kita bududayakan tersebut bisa kita panen setelah berumur kurang lebih sekitar 10 bulan. Tanaman yang sudah tua dan siap panen adalah tanaman yang sudah melewati masa mengering, di mana daun dan batangnya berubah menjadi kuning dan sudah mengering.

Proses panen jahe yang kita tanam di polybag sangatlah mudah, karena kita tidak perlu susah payah untuk menggali. Kita hanya perlu menggunakan cetok atau merobek kantung polybag yang sudah mulai lapuk.

Angkat rimpang jahe dengan hati-hati supaya tidak rusak, kemudaion bersihkan dari tanah dan kotoran yang menempel (jika perlu cuci dengan air bersih). Satu rumpun tanaman jahe yang ada dalam satu media tanam karung ukuran 50 kg bisa menghasilkan rimpang jahe sekitar 2-5 kg.

Catatan:

asparin.wordpress.com

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari budidaya jahe dalam polybag.

1. Lebih hemat tempat karena kita bisa melakukannya meskipun kita hanya punya lahan yang kurang luas. Karena kita bisa menggunakan sistem susun.

2. Proses perawatan dan pemanenan sangatlah mudah serta masih banyak lagi keuntungan yang akan kita dapatkan.

Gallery Cara Menanam Jahe Merah

7 Cara Menanam Jahe Di Musim Hujan Dengan Mudah

Cara Mudah Menanam Jahe Merah Kakinesia Com

Cara Menanam Jahe Agar Hasil Maksimal Kampustani Com

Teknik Budidaya Jahe Merah Dalam Polybag Kabartani

Budidaya Jahe Merah Sebuah Ringkasan Agricultural

Pendopo Anak Negri Budidaya Jahe Merah Menanam Emas Di

Tips Cara Menanam Jahe Merah Dalam Polybag

Cara Dan Tips Budidaya Jahe Yang Baik Dan Benar Flora Dan

0822 2151 6031 Telkomsel Cara Menanam Jahe Merah Hasil

Cara Budidaya Jahe Merah Dengan Mudah 100 Untung

Cara Menanam Jahe Merah Sendiri Di Rumah Loljam Com

5 Tips Mudah Menanam Jahe Merah Untung Melimpah Analisa Usaha

Cara Memanfaat Karung Beras Untuk Budidaya Jahe Merah

Panduan Lengkap Cara Budidaya Jahe Gajah Agar Sukses Bagi

Menanam Jahe Merah Dalam Karung

Budidaya Cara Menanam Jahe Merah Di Kebun Dalam Karung Atau

Cara Menanam Dan Budidaya Jahe Merah Dalam Karung Infotani

Budidaya Jahe Merah Super

Cara Menanam Jahe Merah Gajah Dan Jahe Kecil Budidaya Jahe

Cara Menanam Jahe Yang Benar Kutanam

5 Cara Menanam Jahe Merah Di Tanah Paling Mudah Plus

5 Cara Menanam Jahe Merah Di Tanah Paling Mudah Plus

Cara Menanam Jahe Merah Dalam Polybag Desa Rebono

9 Cara Menanam Jahe Dengan Sistem Hidroponik Paling Mudah

Cara Menanam Jahe Merah Dalam Karung


Comments