Perbedaan Larutan Koloid Dan Suspensi



Perbedaan Larutan Koloid Dan Suspensi

Suspensi Adalah : Perbedaan Larutan Koloid dan Suspensi

Adalah.Co.Id – Dalam dunia kimia, kita sering dihadapkan dengan berbagai istilah yang agak aneh, seperti suspensi. Suspensi adalah salah satu istilah yang digunakan dalam dunia kimia untuk menggambarkan keadaan campuran dua atau lebih jenis benda atau zat.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melakukan aktivitas mencampurkan beberapa jenis zat menjadi satu. Misalnya, produksi es teh atau larutan kopi. Dalam masing-masing dua kegiatan ini, kami mencampur beberapa jenis bahan dalam satu wadah. Saat menyiapkan teh es manis, kami mencampur setidaknya 4 bahan atau zat, yaitu gula, air, teh dan es, sambil membuat kopi, kami mencampur setidaknya 3 jenis zat sekaligus, yaitu kopi, air dan gula.

Ketika kita mencampur beberapa zat di atas, kita mendapatkan dua campuran es teh manis dan kopi yang siap untuk diminum. Kedua campuran ini sekarang dapat memiliki sifat yang berbeda. Campuran teh es manis dapat digolongkan sebagai larutan (gula dan air) dan sebagai koloid (hanya jika teh yang digunakan adalah teh celup), sedangkan campuran kopi dapat diklasifikasikan sebagai suspensi.

Definisi Suspensi

Suspensi adalah salah satu nama kimia untuk keadaan campuran beberapa jenis zat. Yang dimaksud suspensi adalah campuran berbagai jenis zat yang heterogen, seperti zat kopi dengan air. Kopi dan air adalah dua zat dengan sifat berbeda, di mana kopi adalah zat padatan, sedangkan air adalah cairan. Ketika kedua zat ini dicampur, zat tersebut tampak menyatu hanya beberapa saat dan akan terpisah lagi setelah beberapa waktu.

Perbedaan Larutan Koloid dan Suspensi

Gambar Efek Tyndall

Pada dasarnya, suspensi, larutan dan koloid adalah campuran dari dua atau lebih jenis zat. Ketiga istilah kimia ini adalah hasil dari menggabungkan beberapa bahan atau zat yang dicampur bersama. Meskipun keduanya merupakan hasil dari pencampuran berbagai jenis zat, ketiga istilah di atas berbeda satu sama lain.

Perbedaan-perbedaan ini adalah campuran dari beberapa jenis zat yang memiliki sifat yang berbeda atau heterogen, sedangkan solusinya adalah campuran dari beberapa jenis zat yang memiliki sifat serupa atau disebut sebagai homogen, sedangkan koloid adalah campuran dari beberapa jenis zat atau benda yang memiliki banyak sifat homogen, tetapi juga bersifat berheterogen.

Contoh Suspensi

Contoh-contoh suspensi adalah air keruh, campuran air pasir, campuran kopi dengan air, campuran minyak dengan air, lumpur dan tanah liat yang tersuspensi dalam air, suspensi debu dan udara, tepung dapat ditangguhkan dalam suspensi partikulat air di udara, kabut, yaitu sistem air tersuspensi di udara, dan sirup batuk.

Ciri-ciri Suspensi

  1. Suspensi memiliki ukuran partikel lebih dari 10 pangkat -5 cm.
  2. Suspensi dapat dilihat dengan mikroskop.
  3. Suspensi dapat disaring dengan kertas saring.
  4. Suspensi tidak stabil, yang artinya tidak bisa bertahan lama.
  5. Suspensi dapat mudah menggumpal.
  6. Suspensi termasuk campuran heterogen.

Keunikan Suspensi

Suspensi adalah sediaan yang mengandung bahan obat padat dalam bentuk halus dan tidak larut dan didispersikan dalam cairan pembawa. Zat yang didispersikan harus halus dan tidak cepat mengendap. Jika endapan diguncang perlahan, harus segera disebarkan kembali, dapat mengandung zat tambahan untuk memastikan stabilitas suspensi. Salah satu alasan untuk menyiapkan suspensi oral adalah bahwa obat-obatan tertentu secara kimiawi tidak stabil dalam bentuk terlarut tetapi stabil dalam bentuk ditangguhkan. Tujuan menyiapkan sediaan suspensi adalah agar mudah diminum, dosis yang relatif besar dapat lebih mudah diberikan, dan dapat dengan mudah diterapkan pada anak-anak.

Untuk mendapatkan preparasi suspensi yang stabil perlu adanya penggunaan suspending agent. Penggunaan suspending agent bertujuan untuk meningkatkan viskositas dan memperlambat proses pengendapan untuk menghasilkan suspensi yang stabil. Evaluasi formulasi obat, terutama untuk tes stabilitas, dapat digunakan dalam tes stabilitas real-time dan tes stabilitas dipercepat.

Kestabilan Sediaan Suspensi

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa suspending agent memiliki dampak besar pada stabilitas obat. Namun, faktor-faktor lain juga dapat mempengaruhi stabilitas persiapan suspensi, termasuk suhu penyimpanan. Karena suhu penyimpanan dapat memengaruhi viskositas sediaan dan menyerang zat-zat yang tidak tahan terhadap suhu tinggi.

Sediaan suspensi stabil dibuat oleh seorang ahli farmasi dengan berbagai desain formulasi, dengan mempertimbangkan semua aspek penentuan formulasi. Sampai pemilihan sistem produksi suspensi yang disesuaikan dengan jenis zat yang dibuat dalam persiapan suspensi. Biasanya, sistem flokulasi dipilih untuk membuat sediaan suspense yang mengandung obat yang tidak stabil dalam bentuk larutan, walaupun zat tersebut masih belum dapat distabilkan dengan penambahan zat pensuspensi dalam kondisi terlarut. Baik stabil secara fisik dan kimia dan biologis. Kejadian ini terjadi pada preparat suspense kering yang mengandung antibiotik

Suspensi dengan sistem deflokulasi juga terbentuk dari pemikiran para ahli farmasi yang telah mempertimbangkan beberapa aspek. Stabilitas suspensi lebih panjang dari pada suspensi flocculated dengan ukuran partikel kecil, sehingga persiapan tidak mudah mengendap, tetapi mudah untuk membuat sediaan suspense deflokulasi yang baik.

Kerusakan fisik pada sediaan suspensi terlihat secara organoleptik, sedangkan kerusakan kandungan harus dianalisis secara instrumental. Persiapan yang mengalami kerusakan fisik umumnya dipandang organoleptik karena perubahan bentuk, perubahan warna, perubahan bau dan endapan. Instrumen ini biasanya digunakan untuk mendeteksi perubahan zat yang terkandung di dalamnya mempengaruhi kandungan dari sediaan obat tersebut.

Setelah di jelaskan dengan singkat, konsumen harus lebih pintar ketika memilih obat yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, penyebutan sediaan farmasi cair yang ditujukan untuk penggunaan oral. Konsumen juga perlu tahu bagaimana membedakan sistem persiapan suspensi untuk memenuhi kebutuhan dan untuk mencapai keberhasilan terapi.

Baca Artikel Lainnya :

Gallery Perbedaan Larutan Koloid Dan Suspensi

Sistem Koloid Sistem Dispersi Ppt Download

Makalah Sistim Koloid Makalah Sistim Koloid

Koloid Adalah Pengertian Sifat Jenis Pembuatan Contoh

Sistem Koloid Makalah Materi Pengertian Jenis Dan

Koloid

Koloid By Ivan Istanto On Prezi

Perbedaan Larutan Koloid Dan Suspensi Bestekin Com

Kimia Koloid Part 1

Perbedaan Larutan Koloid Dan Suspensi Youtube

Tugas Presentasi Kimia

Belajar Bareng Yuk Maret 2017

Perbedaan Larutan Koloid Dan Suspensi Bag Ii Youtube

Koloid By Jihan Nabilla On Prezi

Koloid Dan Sistem Dispersi Docx Document

Tugas Kimia Dasar 2

Makalah Sistim Koloid 2014

Koloid Adalah Pengertian Sifat Jenis Pembuatan Contoh

Lembar Kerja Peserta Didik Pengembangan Materi Fis48001

Doc Lks Sistem Koliod Suko Kurnia Academia Edu

Perbedaan Antara Larutan Suspensi Dan Koloid Beserta

Bagaimana Perbandingan Penampilan Fisis Antara Larutan

Ekaseptia0610 Eka Dan Kimia Laman 6

Animasi Perbedaan Larutan Koloid Dan Suspensi Gif Gfycat

Kelas 11 Bergegaslah Materi Koloid Menantimu Di Sini


Comments