Cara Membuat Bagan Di Excel



Cara Mudah Membuat Strukutur Organisasi Dengan Manfaatkan

Membuat bagan dari awal hingga akhir

Excel untuk Office 365 Excel untuk Office 365 untuk Mac Excel 2019 Excel 2016 Excel 2019 untuk Mac Excel 2013 Excel 2010 Excel 2007 Excel 2016 untuk Mac PowerPoint 2016 untuk Mac Word 2016 untuk Mac Word untuk Mac 2011 Excel untuk Mac 2011 PowerPoint untuk Mac 2011 Selengkapnya... Lebih sedikit

Bagan membantu Anda memvisualkan data dengan efek yang maksimal bagi para audiens. Pelajari cara membuat bagan dan menambahkan garis tren.

  1. Pilih data untuk bagan.

  2. Pilih Sisipkan > Bagan yang Dianjurkan.

  3. Pilih bagan pada tab Bagan yang Dianjurkan untuk melihat pratinjau bagan.

    Catatan: Anda dapat memilih data yang diinginkan dalam bagan lalu menekan ALT + F1 untuk langsung membuat bagan, tetapi bagan yang dihasilkan mungkin bukan yang paling sesuai untuk data Anda. Jika tidak melihat bagan yang diinginkan, pilih tab Semua Bagan untuk melihat semua tipe bagan.

  4. Pilih bagan.

  5. Pilih OK.

  1. Pilih bagan.

  2. Pilih Desain > Tambahkan Elemen Bagan.

  3. Pilih Garis Tren, kemudian pilih tipe garis tren yang diinginkan, seperti Linier, Eksponensial, Prakiraan Linier, atau Rata-rata Bergerak.

Catatan: Beberapa konten dalam topik ini mungkin tidak tersedia untuk beberapa bahasa.

Bagan menampilkan data dalam format grafis yang dapat membantu Anda dan audiens memvisualkan hubungan antar data. Ketika membuat bagan, Anda dapat memilih bagan dari berbagai tipe (seperti bagan kolom tumpuk atau bagan pai 3D yang terpisah). Setelah membuat bagan, Anda dapat menyesuaikannya dengan menerapkan tata letak atau gaya cepat bagan.

Bagan memuat beberapa elemen, seperti judul, label sumbu, legenda, dan garis kisi. Anda bisa menyembunyikan atau menampilkan elemen-elemen ini, dan Anda juga bisa mengubah lokasi dan pemformatannya.

Judul bagan

Area plot

Legenda

Judul sumbu

Label sumbu

Tanda centang

Garis kisi

Anda dapat membuat bagan di Excel, Word, dan PowerPoint. Namun, data bagan dimasukkan dan disimpan dalam lembar kerja Excel. Jika Anda menyisipkan bagan di Word atau PowerPoint, sebuah lembar Excel baru akan terbuka. Saat Anda menyimpan dokumen Word atau presentasi PowerPoint yang berisi bagan, data Excel yang mendasari bagan akan otomatis disimpan dalam dokumen Word atau presentasi PowerPoint.

Catatan: Panduan Bagan kini telah digantikan oleh Galeri Buku Kerja Excel. Secara default, Galeri Buku Kerja Excel terbuka ketika Anda membuka Excel. Dari galeri, Anda dapat menelusuri templat dan membuat buku kerja baru berdasarkan salah satu templat tersebut. Jika Galeri Buku Kerja Excel tidak muncul, pada menu File, klik Baru dari Templat.

  1. Pada menu Tampilan, klik Tata Letak Cetak.

  2. Klik tab Sisipkan, lalu klik panah di samping Bagan.

  3. Klik tipe bagan, lalu klik ganda bagan yang ingin ditambahkan.

    Saat Anda menyisipkan bagan ke Word atau PowerPoint, lembar kerja Excel yang berisi tabel data sampel akan terbuka.

  4. Di Excel, ganti data sampel dengan data yang ingin Anda plot dalam bagan. Jika sudah memiliki data dalam tabel lain, Anda dapat menyalin data dari tabel tersebut dan menempelkannya pada data sampel. Lihat tabel berikut ini untuk mendapatkan panduan tentang menyusun data agar sesuai dengan tipe bagan.

    Untuk tipe bagan ini

    Menyusun data

    Bagan area, batang, kolom, donat, garis, radar, atau permukaan

    Dalam kolom atau baris, seperti dalam contoh berikut ini:

    Seri 1

    Seri 2

    Kategori A

    10

    12

    Kategori B

    11

    14

    Kategori C

    9

    15

    atau

    Kategori A

    Kategori B

    Seri 1

    10

    11

    Seri 2

    12

    14

    Bagan gelembung

    Dalam kolom, tempatkan nilai x di kolom pertama dan nilai y terkait serta nilai ukuran gelembung dalam kolom yang berdekatan, seperti dalam contoh berikut ini:

    Nilai-X

    Nilai-Y 1

    Ukuran 1

    0,7

    2,7

    4

    1,8

    3,2

    5

    2,6

    0,08

    6

    Bagan pai

    Dalam satu kolom atau baris data, dan satu kolom atau baris label data, seperti dalam contoh berikut ini:

    Penjualan

    Kuartal 1

    25

    Kuartal 2

    30

    Kuartal 3

    45

    atau

    Kuartal 1

    Kuartal 2

    Kuartal 3

    Penjualan

    25

    30

    45

    Bagan saham

    Dalam kolom atau baris dalam urutan berikut, gunakan nama atau tanggal sebagai label, seperti dalam contoh berikut ini:

    Buka

    Tinggi

    Rendah

    Tutup

    05/01/2002

    44

    55

    11

    25

    06/01/2002

    25

    57

    12

    38

    atau

    05/01/2002

    06/01/2002

    Buka

    44

    25

    Tinggi

    55

    57

    Rendah

    11

    12

    Tutup

    25

    38

    Bagan (sebar) XY

    Dalam kolom, tempatkan nilai x di kolom pertama dan nilai y yang terkait di kolom yang berdekatan, seperti dalam contoh berikut ini:

    Nilai-X

    Nilai-Y 1

    0,7

    2,7

    1,8

    3,2

    2,6

    0,08

    atau

    Nilai-X

    0,7

    1,8

    2,6

    Nilai-Y 1

    2,7

    3,2

    0,08

  5. Untuk mengubah jumlah baris dan kolom yang disertakan dalam bagan, letakkan penunjuk di sudut kanan bawah data yang dipilih, kemudian seret untuk memilih data tambahan. Dalam contoh berikut ini, tabel diperluas untuk menyertakan seri data dan kategori tambahan.

  6. Untuk melihat hasil perubahan Anda, alihkan kembali ke Word atau PowerPoint.

    Catatan: Saat menutup dokumen Word atau presentasi PowerPoint yang berisi bagan, tabel data Excel untuk bagan akan tertutup secara otomatis.

Setelah membuat bagan, Anda mungkin ingin mengubah cara memplot baris dan kolom tabel dalam bagan. Misalnya, versi bagan pertama Anda mungkin memplot baris data dari tabel pada sumbu vertikal (nilai) bagan, dan kolom data pada sumbu horizontal (kategori). Dalam contoh berikut ini, bagan menekankan penjualan menurut instrumen.

Namun, jika ingin bagan menonjolkan penjualan menurut bulan, Anda dapat membalik cara bagan diplot.

  1. Pada menu Tampilan, klik Tata Letak Cetak.

  2. Klik bagan.

  3. Klik tab Desain Bagan, lalu klik Tukar Baris/Kolom.

    Jika Tukar Baris/Kolom tidak tersedia

    Tukar Baris/Kolom hanya tersedia ketika tabel data Excel untuk bagan terbuka dan hanya untuk tipe bagan tertentu. Anda juga dapat mengedit data dengan mengklik bagan, lalu mengedit lembar kerja di Excel.

  1. Pada menu Tampilan, klik Tata Letak Cetak.

  2. Klik bagan.

  3. Klik tab Desain Bagan, lalu klik Tata Letak Cepat.

  4. Klik tata letak yang diinginkan.

    Untuk langsung membatalkan tata letak cepat yang Anda terapkan, tekan + Z .

Gaya bagan adalah set warna dan efek komplementer yang dapat Anda terapkan ke bagan Anda. Saat memilih gaya bagan, perubahan Anda mempengaruhi keseluruhan bagan.

  1. Pada menu Tampilan, klik Tata Letak Cetak.

  2. Klik bagan.

  3. Klik tab Desain Bagan, lalu klik gaya yang diinginkan.

    Untuk melihat lebih banyak gaya, arahkan ke sebuah gaya, lalu klik .

    Untuk langsung membatalkan gaya yang Anda terapkan, tekan + Z .

  1. Pada menu Tampilan, klik Tata Letak Cetak.

  2. Klik bagan, lalu klik tab Desain Bagan.

  3. Klik Tambahkan Elemen Bagan.

  4. Klik Judul Bagan untuk memilih opsi pemformatan judul, lalu kembali ke bagan untuk mengetikkan judul dalam kotak Judul Bagan.

Memperbarui data dalam bagan yang sudah ada

Tipe bagan

Anda dapat membuat bagan di Excel, Word, dan PowerPoint. Namun, data bagan dimasukkan dan disimpan dalam lembar kerja Excel. Jika Anda menyisipkan bagan di Word atau PowerPoint, sebuah lembar Excel baru akan terbuka. Saat Anda menyimpan dokumen Word atau presentasi PowerPoint yang berisi bagan, data Excel yang mendasari bagan akan otomatis disimpan dalam dokumen Word atau presentasi PowerPoint.

Catatan: Panduan Bagan kini telah digantikan oleh Galeri Buku Kerja Excel. Secara default, Galeri Buku Kerja Excel terbuka ketika Anda membuka Excel. Dari galeri, Anda dapat menelusuri templat dan membuat buku kerja baru berdasarkan salah satu templat tersebut. Jika Galeri Buku Kerja Excel tidak muncul, pada menu File, klik Baru dari Templat.

  1. Pada menu Tampilan, klik Tata Letak Cetak.

  2. Pada tab Bagan, di bawah Sisipkan Bagan, klik tipe bagan, lalu klik salah satu bagan yang ingin Anda tambahkan.

    Saat Anda menyisipkan bagan ke dalam Word atau PowerPoint, lembar Excel terbuka yang berisi tabel sampel data.

  3. Di Excel, ganti sampel data dengan data yang ingin Anda plot di bagan. Jika Anda sudah memiliki data dalam tabel yang lain, Anda bisa menyalin data dari tabel itu lalu menempelkannya ke atas sampel data. Lihat tabel berikut ini untuk panduan tentang cara menyusun data agar sesuai dengan tipe bagan.

    Untuk tipe bagan ini

    Menyusun data

    Bagan area, batang, kolom, donat, garis, radar, atau permukaan

    Dalam kolom atau baris, seperti dalam contoh berikut ini:

    Seri 1

    Seri 2

    Kategori A

    10

    12

    Kategori B

    11

    14

    Kategori C

    9

    15

    atau

    Kategori A

    Kategori B

    Seri 1

    10

    11

    Seri 2

    12

    14

    Bagan gelembung

    Dalam kolom, tempatkan nilai x di kolom pertama dan nilai y terkait serta nilai ukuran gelembung dalam kolom yang berdekatan, seperti dalam contoh berikut ini:

    Nilai-X

    Nilai-Y 1

    Ukuran 1

    0,7

    2,7

    4

    1,8

    3,2

    5

    2,6

    0,08

    6

    Bagan pai

    Dalam satu kolom atau baris data, dan satu kolom atau baris label data, seperti dalam contoh berikut ini:

    Penjualan

    Kuartal 1

    25

    Kuartal 2

    30

    Kuartal 3

    45

    atau

    Kuartal 1

    Kuartal 2

    Kuartal 3

    Penjualan

    25

    30

    45

    Bagan saham

    Dalam kolom atau baris dalam urutan berikut, gunakan nama atau tanggal sebagai label, seperti dalam contoh berikut ini:

    Buka

    Tinggi

    Rendah

    Tutup

    05/01/2002

    44

    55

    11

    25

    06/01/2002

    25

    57

    12

    38

    atau

    05/01/2002

    06/01/2002

    Buka

    44

    25

    Tinggi

    55

    57

    Rendah

    11

    12

    Tutup

    25

    38

    Bagan (sebar) XY

    Dalam kolom, tempatkan nilai x di kolom pertama dan nilai y yang terkait di kolom yang berdekatan, seperti dalam contoh berikut ini:

    Nilai-X

    Nilai-Y 1

    0,7

    2,7

    1,8

    3,2

    2,6

    0,08

    atau

    Nilai-X

    0,7

    1,8

    2,6

    Nilai-Y 1

    2,7

    3,2

    0,08

  4. Untuk mengubah jumlah baris dan kolom yang disertakan di dalam bagan, letakkan penunjuk di sudut kanan bawah data yang dipilih, lalu seret untuk memilih data tambahan. Dalam contoh berikut ini, tabel diperluas untuk menyertakan kategori dan seri data tambahan.

  5. Untuk melihat hasil perubahan Anda, alihkan kembali ke Word atau PowerPoint.

    Catatan: Saat menutup dokumen Word atau presentasi PowerPoint yang berisi bagan, tabel data Excel untuk bagan akan tertutup secara otomatis.

Setelah membuat bagan, Anda mungkin ingin mengubah cara memplot baris dan kolom tabel di dalam bagan.  Misalnya, versi bagan pertama Anda mungkin memplot baris data dari tabel pada sumbu vertikal (nilai) bagan, dan kolom dari data pada sumbu horizontal (kategori). Dalam contoh berikut ini, bagan menekankan penjualan menurut instrumen.

Namun, jika ingin bagan menonjolkan penjualan menurut bulan, Anda dapat membalik cara bagan diplot.

  1. Pada menu Tampilan, klik Tata Letak Cetak.

  2. Klik bagan.

  3. Pada tab Bagan, dalam Data, klik Plot seri menurut baris atau Plot seri menurut kolom .

    Jika Sakelar Plot tidak tersedia

    Sakelar Plot hanya tersedia ketika bagan tabel data Excel terbuka dan hanya untuk tipe bagan tertentu.

    1. Klik bagan.

    2. Pada tab Bagan, di bawah Data, klik panah di samping Edit, lalu klik Edit Data di Excel.

  1. Pada menu Tampilan, klik Tata Letak Cetak.

  2. Klik bagan.

  3. Pada tab Bagan, di bawah Tata Letak Cepat Bagan, klik tata letak yang Anda inginkan.

    Untuk melihat lebih banyak tata letak, arahkan ke tata letak, lalu klik .

    Untuk langsung membatalkan tata letak cepat yang Anda terapkan, tekan + Z .

Gaya bagan adalah set warna dan efek komplementer yang dapat Anda terapkan ke bagan Anda. Saat memilih gaya bagan, perubahan Anda mempengaruhi keseluruhan bagan.

  1. Pada menu Tampilan, klik Tata Letak Cetak.

  2. Klik bagan.

  3. Pada tab Bagan, di bawah Gaya Bagan, klik gaya yang Anda inginkan.

    Untuk melihat lebih banyak gaya, arahkan ke sebuah gaya, lalu klik .

    Untuk langsung membatalkan gaya yang Anda terapkan, tekan + Z .

  1. Pada menu Tampilan, klik Tata Letak Cetak.

  2. Klik bagan, lalu klik tab Tata Letak Bagan.

  3. Di bawah Label, klik Judul Bagan, lalu klik judul bagan yang Anda inginkan.

  4. Pilih teks dalam kotak Judul Bagan, lalu ketik judul bagan.

Memperbarui data dalam bagan yang sudah ada

Tipe bagan yang tersedia di Office

Anda dapat bertanya kapan saja kepada para ahli di Komunitas Teknologi Excel, mendapatkan dukungan di Komunitas Answers, atau menyarankan peningkatan maupun fitur baru di User Voice Excel.

Gallery Cara Membuat Bagan Di Excel

Membuat Struktur Organisasi Menggunakan Smartart Pada Ms Word

Membuat Struktur Organisasi Dengan Grafik Smartart

Cara Membuat Histogram Di Excel Teknik Elektronika

Cara Membuat Bagan Di Word Untuk Pemula Lengkap Gambar

Belajar Microsoft Word 2007 Cara Membuat Struktur Organisasi Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Membuat Bagan Di Excel Excel Membuat Grafik Langkah

Download Gratis 28 Template Bagan Struktur Organisasi Excel

Cara Membuat Grafik Combo Di Excel

Cara Membuat Diagram Lingkaran Excel Atau Pie Cart Advernesia

Blog Archives Mnapalon

Panduan Pemula Cara Membuat Tabel Di Microsoft Excel 2007

Flowchart Diagram Alir Tri Agung Wibowo

Cara Membuat Bagan Atau Grafik Waterfall Di Excel 2016

Cara Menyimpan Hanya Grafik Microsoft Excel Ke Format File Jpeg

Membuat Kerangka Mengelompokkan Data Dalam Lembar Kerja

Cara Membuat Kurva S Di Excel Untuk Proyek Bangunan

Download Gratis 28 Template Bagan Struktur Organisasi Excel

How To Create A Venn Diagram In Word And Powerpoint

Membuat Bagan Alur Dengan Smartart Dukungan Office

Cara Membuat Bagan Organisasi Di Excel Sekitar The Rumah

How To Change Text Font Size And Style Adobe Illustrator

3 Cara Untuk Membuat Bagan Alir Wikihow

Cara Membuat Bagan Atau Grafik Waterfall Di Excel 2016

Data Entry Form For Spreadsheet

How To Create A Family Tree In Microsoft Word Tutorial

Cara Membuat Grafik Combo Di Excel

Cara Membuat Bagan Di Microsoft Word Untuk Pemula Kaskus

Cara Buat Contoh Bagan Struktur Organisasi Di Microsoft Word


Comments