Contoh Sintak Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning
Nama : Ajeng Rizki Rahmawati
NIM : 4201412026
Makul : Dasar-Dasar Proses Pembelajaran
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Sintak Model Pembelajaran
Materi Vektor
1. Sintak Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Fase-Fase | Perilaku Guru |
Fase 1 Orientasi peserta didik pada masalah | · Menjelaskan tujuan pembelajarn tentang materi vektor yaitu menerapakn prinsip penjumlahan vektor. · Memperlihatkan dan menampilkan video atau gambar tentang peristiwa atau hal-hal yang berkaitan dengan penerapan vektor dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya video atau gambar tentang penarikan kapal yang mengalami kecelakaan atau kerusakan di tengah lautan dan harus segera dibawa ke pelabuhan terdekat untuk diperbaiki. Untuk menarik kapal tersebut dibutuhkan dua kapal dengan dilengkapi kawat baja. Agar kapal dapat sampai ke pelabuhan yang dituju, posisi kapal selama perjalanan selama perjalanan tetap stabil besar gaya yang dibutuhkan oleh masing-masing kapal penarik dan sudut yang dibentuk oleh kawat baja harus diperhitungkan secara cermat. · Memotivasi peserta didik agar terlibat pada aktivitas pemecahan masalah. · Menjelaskan logistik yang dibutuhkan seperti pembentukan tugas kelompok, serta mengarahkan peserta untuk berkumpul dengan kelompoknya masing-masing. |
Fase 2 Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar | · Membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut yaitu tentang menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta mengitung besar arah resultan vektor · Mengarahkan peserta didik untuk melakukan kajian teori yang relevan dengan masalah serta mencari narasumber lainnya |
Fase 3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai yaitu bagaimana mencari resultan dua vektor sebidang atau mencari resultan dua vektor dengan menerapkan operasi vektor. |
Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Membantu peserta didik dalam memecahkan masalah seperti merencanakan dan menyiapkan laporan serta membantu siswa dalam berbagi tugas dengan temannya. |
Fase 5 Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah | Membantu siswa melakukan refleksi serta evaluasi terhadap penyelidikan peserta didik dalam proses-proses yang dilakukan serta meminta kelompok untuk presentasi. |
2. Sintak Model Pembelajaran Discovery Learning
Fase-Fase | Perilaku Guru |
Stimulation (Pemberian Stimulus) | · Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa pertanyaan yang berkaitan dengan materi vektor. Misalnya “bagaimana cara menguraikan vektor menjadi dua buah vektor yang sebidang?”. · Mengajak peserta didik berdiskusi untuk mencari penyebab dan menemukan pemecahan masalah |
Problem Satatement (Mengidentifikasi Masalah) | Membimbing siswa untuk membentuk kelompok yang dilanjutkan dengan disuksi rumusan maslah, tujuan, dan langkah kerja dengan alat dan bahan yang telah tersedia |
Data Callecting (Mengumpulkan Data) | Membimbing peserta didik dalam menyiapkan alat dan bahan berupa necara pegas, busur derajat, benang, paku payung, dan papan triplek yang dilengkapi kertas berpetak dengan tujuan untuk menguraikan vektor menjadi dua buah vektor yang sebidang. |
Data Processing (Mengolah Data) | Membimbing pesera didik dalam mengolah data eksperimen yaitu berupa vasiasi sudut a |
Verification (Menguji Hasil) | Membimbing siswa menguji hasil pengolahan data pengamatan yaitu bagaimana kecenderungan rata-rata hasil pengukuran apakah mempunyai nilai yang sama antar data dengan mengubah-ubah sudut a, serta kesalahan pengukuran dan presentase eror perhitungan pada tiap-tiap data pengukuran. |
Generalization (Menyimpulkan) | Mengarahkan peserta didik agar menyusun kesimpulan dari eksperimen serta mengarahkan peserta didik agar membuat laporan. |
Gallery Sintaks Model Pembelajaran Discovery Learning
33 Model Pembelajaran Inovatif M34mqkpx8zn6
Control Overview Of An Assignment Download Scientific Diagram
Langkah Langkah Pembelajaran Discovery Learning
5 Rancangan Sintak Pembelajaran
Contoh Sintak Model Pembelajaran Dan Aktivitas Pembelajaran
Rpp 1 Nilai Mutlak2 Bullet Journal
Discovery Learning Karakteristik Langkah Dan Kekurangan
Ppt Setya Yuwana Sudikan Fbs Universitas Negeri Surabaya
Rancangan Sintak Model Pembelajaran Discovery Learning
33 Model Pembelajaran Inovatif M34mqkpx8zn6
Cokro Wisudita Model Pembelajaran
Lampiran Sintak Discovery Learning
Model Model Pembelajaran Hots Higher Order Thinking Skill
Langkah Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning
Sintaks Model Pembelajaran Discovery Learning Pdf Cara
Videos Matching Discovery Learning Revolvy
Model Pembelajaran Discovery Learning
Pembelajaran Mmp Missouri Mathematics Project
Implementasi Kurikulum 13 Mapel Peminatan Smk Ppt Download
Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah
Discovery Inquiry By Intan Fajar Dwi Hastuti On Prezi Next
Comments
Post a Comment