Rumah Adat Suku Bali



Mengenal Rumah Adat Bali Lebih Dekat Ciri Khas Jenis

√ Rumah Adat Bali & Penjelasannya Terlengkap

Rumah Adat Bali – Indonesia merupakan negara yang memiliki kebudayaan yang sangat melimpah. Lebih dari seribu pulau yang berada di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri. Di setiap pulau umumnya penduduk merupakan suku atau ras memiliki adat istiadat dan kebudayaan tersendiri.

Hal inilah yang membuat negara kita disebut sebagai surganya dunia karena mempunyai ribuan adat istiadat, norma-norma, dan juga nilai budaya yang berbeda-beda di setiap wilayahnya.

Bali merupakan salah satu contoh pulau yang didesaki dengan sebuah nilai budaya yang melimpah. Selain agama dan tradisi yang berbeda, Bali juga memiliki rumah adat dengan bentuk yang khas dan berbeda dengan wilayah lainnya.

Nama & Gamabar Rumah Adat Bali

dariadigi.blogspot.com

Bali merupakan sebuah daerah yang dikenal dengan sebutan Pulau Dewata, mempunyai rumah adat yang tidak biasa jika dibandingkan dengan rumah adat daerah lain. Rumah adat Bali memiliki desain dan arsitektur yang cenderung mewah meski masih menjungjung tingggi nilai-nilai teradisional.

Tentu tidak sembarangan dalam membangun rumah adat Bali. Biasanya dalam membangun rumah adat Bali selalu menggunakan arsitektur khusus yang disebut Udagi. Mereka adalah seniman yang memang khusus untuk membangun struktur rumah adat Bali yang masih Tradisional.

Rumah adat Pulau Bali terlihat seperti candi yang memiliki bagian-bagian tersendiri. Dalam artikel kali ini, kita akan mengenal lebih dekat lagi dengan rumah adat tradisional Pulau Bali yang sampai saat ini masih bertahan dan terus dilestarikan hingga sekarang.

Bali juga terkenal dengan pakaian-pakaian adat teradisional nya yang mempunyai nilai tersendiri.

Apa saja nilai-nilai yang dianut, bagian setiap rumah adat, dan lambang struktur bangunan rumah adat tradisional Bali? Marilah kita simak tentang jenis bangun rumah adat Bali dibawah ini.

Angkul-Angkul

pakettourbalimurah.com

Yang pertama adalah Rumah Adat Bali Angkul-Angkul. Di bagian luar, setiap rumah adat biasanya memiliki pintu utama berupa gapura. Udagi membangun sebuah angkul-angkul atau biasa kita kenal dengan sebutan gapura dengan atap yang artistik dan model tradisional seperti candi disebelah kanan dan kirinya.

Atapnya yang menghubungkan kedua sisi terlihat unik dan dipenuhi dengan ukiran-ukiran artistik. Di zaman moderen seperti ini, atap biasanya sudah menggunakan genteng yang disusun sedemikian rupa. Namun masih ada juga Angkul-angkul tradisional dengan atap yang menggunakan dari rumput kering.

Pamerajaan atau Paru Keluarga

arsitag.com

Sebagai mana yang sudah kita ketahui bahwa kebanyakn mayoritas masyarakat Pulau Bali adalah pemeluk Agama Hindu, pstinys mereks memiliki Pamerajan atau yang biasa digunakan sebagai pura untuk beribadah dirumah keluarga.

Pamerajaan atau paru keluarga biasanya dibangun di pojok rumah adat disebelah timur laut. Bangunan ini merupakan bangunan suci yang disakralkan karena penghuni rumah tersebut kerap melakukan upacara sembahyang atau melakukan dia harian di bangunan ini

Aling-Aling

Adatindonesia.com

Jika kita masuk kebagian halaman rumah adat bali, akan ditemukan sebuah bangunan kecil yang diberi nama Aling-aling. Bangunan kecil ini menyerupai seperti pos ronda kecil yang biasa kita temukan di pekarang depan rumah.

Aling-aling merupakan tempat untuk melakuan aktivitas pemilik rumah seperti mengukir patung, mempersiapkan alat uapacara adat/tradisional, ataupun sekedar untuk beristirahat dan menerima tamu. Biasanya aling-aling ini selalu di kelilingi oleh tembok pembatas yang disebut penyeker, yang merupakan sebuah simbol untuk membatasi aura nrgatif dan positif.

Bale Meten atau Bale daja

arsundwi.wordpress.com

Bale meten meupakan sebuah ruangan yang berfungsi sebagai tempat tidur untuk kepala keluarga. Rumah adat bali ini juga bisa digunakan sebagai tempat tidur untuk anak gadis yang belum bersuami.

Keunikan rumah adat bali ini bentuknya tidak terlalu besar dan juga tidak terlau kecil. Mengingat dengan fungsinya sebagai tempat tidur, masyarakat balipun membangun Bale menten memilih arah menghadap ke utara, karna ada kaitannya dengan nama Bale Menten atau biasa dikenal dengan sebutan Bale Deja, atau sebutan lain.

Bale Dauh atau Bale Tiang Sanga

balubu.com

ada dua sebutan yang sering digunakan oleh masyarakat bali pada bangunan ini, yaitu Bale Dauh atau Bale Tiang Sanga. Nama keduanya digunakan karena bangunan ini memiliki 9 (sanga) tiang. Rumah adat ini merupakan sebuah bangunan yang khusus untuk menerima tamu.

Bentuk rumah adat bali ini sangat unik karena masyarakat tersebut menghiasi bangunan dengan kayu yang diukir sedemikian rupa. Bangunan Bale Dauh atau Tiang Sanga ini biasanya dibangun disebelah Barat dengan bentuk persegi panjang dan dilengkapi dengan beberpa patung disudut ruangan.

kangapip.com

Bale Sekepat merupakan bangunan yang sederhana dan hanya terdiri dari empat tiang penyangga atap. Di era moderen seperti ini kita bisa menggambarkan bale sepakat sebagai sebuah gazebo mini.

Bale Sekapat dibangun oleh Udagi dengan atap berbentuk pelana atau limas dan menggunakan genteng atau jerami. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat istirahat atau berkumpul para anggota anggota keluarga.

Bale Gede

satujam.com

Sesuai dengan namanya, Bale ini merupakan sebuah bangunan dengan ukuran yang besar (gede). Jika dibandingkan dengan bangunan yang lain Bale Sekepat memang bisa dibilang bangun paling mewah dan besar dari pada bale-bale yang lain.

Rumah adat Bali ini berfungsi untuk melakukan upacara adat bersama masyarakat sekitar, dan para tamu biasanya akan berkumpul didalam Bale lalu melakukan upacara adat dengan membakar berbagai jenis sesaji.

Anda juga bisa mengenal tentang rumah adat Ambon pengertian Ambon, ( pakaian, tarian, makanan) terlengkap.

Paweregan

waterbasecoating.com

Paweragan merupakan sebuah dapur dari rumah adat Bali. Bangunan ini diperuntukan untuk mengolah makanan dan menyimpan makanan. Paweragan ini merupakan sebuah bangunan yang selalu ada pada setiap rumah adat Bali.

Paweragan biasanya dibagi 2 bagian. Yang pertama adalah tempat terbuka guna untuk memasak mengguanakan tungku dan kayu bakar. Bagian kedua adalah tempat untuk menyimpan bahan makanan , alat-alat dapur dan yang lain-lain.

Jineng

Adatindonesia.com

Jineng merupakan sebuah bangunan untuk tempat menyimpan gabah dan padi, masyarakat Bali mengenal bangunan ini dengan sebutan Klumpu. Ukuran bangunan ini biasanya sama dengan Bale Sekepat, tidak terlau kecil namun tidak terlalu besa.

Masyarakat Bali biasanya menyimapn gabah dengan dua tempat, di kolong untuk gabah yang masih basah dan di atas untuk gabah yang sudah kering.

Baca Juga Nih Gan; Rumah Adat Ntb (Nusa tenggara barat) Terlengkap”

Bentuk dan Struktur Bangunan Rumah Adat Bali

adatindonesia.com

Masyarakat Bali dikenal sebagai penduduk yang masih menjungjung tinggi dalam kehidupan sosial dan kasta. Namun sayang, Di era moderen sekarang ini, sastra dan sosial tidak lagi beguna.

Pendudukk bali dalam membangun rumah adat mereka biasanya menggunakan bahan bangunan dari matrial sebagai cerminan dari pemilik rumah adat Bali.

Para bangsawan dalam membangun rumah selalu mengunakan bahan dari bata dan kayu yang berkualitas sangat terbaik dan atapnyapun menggunakan genteng yang terbuat dari tanah liat.

Sedangkan untuk masyarakat biasa menggunakan bahan bangunan yang sederhana, pada bagian tembok meraka mengunakan speci dari tanah liat dan atapnya biasanya mengunakan ijuk atau daun lontar yang sudah dikeringkan dan siap dipakai.

Namun bangunan rumah khas Bali saat ini sudah hampir sama, yakni mengunakan campuran semen dan batu batu. Tetapi meskipun demikian, di beberapa daerah ada yang masih menjugjung tinggi nilai-nilai tradisional, biasanya mereka menggunakan bahan bangunan dan desain sederhana untuk rumah adat Bali.

Demekianlah penjelasan lengkap tentang bagian-bagian rumah adat Bali yang dapat diadopsi ke dalam rumah moderen. Semoga dapat menembah pengetahuan kita semua. Dan jangan lupa baca artikel yang lainnya.

Gallery Rumah Adat Suku Bali

Budayaku Budaya Suku Bali

Rumah Adat Bali Gapura Candi Bentar Gambar Dan

Begini Bentuk Asli Rumah Adat Suku Tengger Di Kabupaten

Situs Rumah Adat Watang Alor Ntt Balai Pelestarian Cagar

35 Rumah Adat Indonesia Beserta Gambar Dan Penjelasannya

35 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang Wikipedia Bahasa Indonesia

9 Rumah Adat Bali Nama Gambar Dan Penjelasannya Lengkap

Suku Bali Tribunnewswiki Com Mobile

Kebudayaan Bali

Rumah Adat Natah Asal Daerah Provinsi Bali

Mengenal Rumah Adat Bali Secara Detail Rumah Com

Rumah Adat Bali Gapura Candi Bentar Gambar Dan

34 Rumah Adat Dari Seluruh Provinsi Indonesia

9 Ragam Bangunan Hiasan Dan Keunikan Rumah Adat Bali

Rumah Adat Bali Penjelasan Dan Fungsi Gambarnya Lengkap

Jasa Pembuatan Villa Rumah Lumbung Suku Sasak Lombok Konsep

9 Rumah Adat Bali Nama Gambar Dan Penjelasannya Lengkap

Menyingkap Tabir Keunikan Rumah Adat Bali 2019 Damainesia

4 Unsur Rumah Adat Bali Memikat Banyak Orang Notepam

Rumah Adat Bali Contoh Jenis Dan Fungsinya Dengan Lengkap

Indah Dan Filosofis Inspirasi Desain Rumah Adat Bali Yang

Rumah Adat Sulawesi Selatan Dari 5 Suku Guratgarut Com

Rumah Adat Bali Gapura Candi Bentar Gambar Dan

Desa Bayung Gede Desa Adat Dengan Budaya Tradisional Bali

Nabila Suku Bangsa Rumah Adat

Tata Letak Rumah Adat Bali Buli Bunter

Rumah Adat Bali Beserta Nama Ciri Ciri Khas Jenis Gambar Lengkap

Bali Tarian Adat Rumah Adat Pakaian Adat Senjata


Comments