Daur Hidup Cacing Pita



Biologi Nemathelminthes Ppt Download

daur hidup cacing pita, cacing hati, cacing tambang

-Reproduksi seksual Fasciola hepatica menghasilkan telur pada hati dan kemudian berpindah ke aliran darah ke empedu dan usus, kemudian keluar bersama tinja. -Telur menetas dan tumbuh menjadi mirasidium bersilia di tempat basah. -Mirasidium menginfeksi inang perantara yaitu Lymnaea atau siput air. -Mirasidium berubah menjadi sporokis di dalam tubuh inang perantara (siput air).-Sporokis berkembang secara aseksual menjadi redia. -Redia bermetamorfosis menjadi serkaria. Serkaria ini keluar dari tubuh siput dan menempel paa turmbuhan atau rumput air. -Serkaria membentuk cacing muda atau metaserkaria. -Metaserkaria termakan oleh hewan dan kemudian menjadi cacing dewasa di dalam organ hati. cacing pita:

Dalam usus manusia terdapat proglotid yang sudah masak yakni yang mengandung sel telur yang telah dibuahi (embrio).2.Telur yang berisi embrio ini keluar bersama feses. Bila telur ini termakan sapi, dan sampai pada usus akan tumbuh dan berkembang menjadi larva onkoster.3 Larva onkoster menembus usus dan masuk ke dalam pembuluh darah atau pembuluh limpa, kemudian sampai ke otot lurik dan membentuk kista yang disebut Cysticercus bovis (larva cacing). Kista akan membesar dan membentuk gelembung yang disebut Cysticercus (sistiserkus). Manusia akan tertular cacing ini apabila memakan daging sapi mentah atau setengah matang.4.Dinding Cysticercus akan dicerna di lambung sedangkan larva dengan skoleks menempel pada usus manusia. Kemudian larva akan tumbuh membentuk proglotid yang dapat menghasilkan telur.5.      Bila proglotid masak akan keluar bersama feses, kemudian termakan oleh sapi. Selanjutnya telur yang berisi embrio tadi dalam usus sapi akan menetas menjadi larva onkoster. Setelah itu larva akan tumbuh dan berkembang mengikuti siklus hidup seperti di atas.

DAUR HIDUP CACING TAMBANG:Telur dapat tetap hidup dan larva akan berkembang secara maksimum padakeadaan lembab, teduh dan tanah yang hangat, telur akan menetas 1-2 hari kemudian.Dalam 5-8 hari akan tumbuh larva infektif filariform dan dapat tetap hidup dalamtanah untuk beberapa minggu.Infeksi pada manusia didapat melalui penetrasi larva filariform yang terdapatdi tanah ke dalam kulit. Setelah masuk ke dalam kulit, pertama-tama larva di bawaaliran darah vena ke jantung bagian kanan dan kemudian ke paru-paru. Larvamenembus alveoli, bermigrasi melalui bronki ke trakea dan faring, kemudian tertelan sampai ke usus kecil dan hidup di sana. Mereka melekat di mukosa, mempergunakanstruktur mulut sementara, sebelum struktur mulut permanen yang khas terbentuk.Bentuk betina mulai mengeluarkan telur kira-kira 5 (lima) bulan setelah permulaaninfeksi, meskipun periode prepaten dapat berlangsung dari 6-10 bulan. Apabila larvafilariform Ancylostoma duodenale tertelan, mereka dapat berkembang menjadi cacingdewasa dalam usus tanpa melalui siklus paru-paru

Gallery Daur Hidup Cacing Pita

Cacing Pipih

Gambar Siklus Hidup Cacing Pita Ar Production

Diphyllobothrium Latum Indonesian Medical Laboratory

Siklus Hidup Cacing Pita Ardra Biz

Daur Hidup Cacing

Daur Hidup Cacing 546gprxjz7n8

Bagaimanakah Siklus Daur Hidup Taenia Solium Blog

Daur Hidup Siklus Hidup Cacing Isap Tentorku

Cacing Vermes Biologi

K13 Revisi Antiremed Kelas 10 Biologi 01 Gambar Siklus

Cacing Pita Siklus Hidup Dan Gejala Yang Muncul Akibat

Daur Hidup Cacing Pita Brainly Biology Co Id

Daur Hidup Cacing 546gprxjz7n8

100 Gambar Siklus Cacing Hati Paling Hist Gambar Pixabay

4 Daur Hidup Taenia Saginata Morfologi Pengertian Ciri

Daur Hidup Cacing Hati Pengertian Dan Ciri Ciri Beserta

Mengenal Trematoda Cacing Isap Lengkap

Menelusuri Siklus Panjang Parasit Di Ikan Kaleng Siap Hidang

Daur Hidup Siklus Hidup Cacing Pita Tentorku


Comments