Masuknya Hindu Budha Ke Indonesia



Hindu Budha Di Indonesia 2015 Kelompok 7 Peta Jalur

Sejarah Kelas 10 | Proses Masuknya Agama Hindu-Buddha ke Nusantara

Squad, kalian tahu nggak sih kalau dahulu, jauh sebelum bangsa kolonial datang ke Nusantara, sudah ada orang-orang yang lebih dahulu sampai ke Nusantara. Orang-orang ini adalah para pedagang dari India dan China. Melalui jalur perdagangan merekalah, agama Hindu-Buddha mulai hadir di Indonesia. Kalian juga harus tahu, kalau masing-masing dari agama Hindu-Buddha, memiliki kerajaan yang sangat besar di Nusantara.

Contohnya Sriwijaya, yang merupakan kerajaan agama Buddha dan Majapahit yang merupakan kerajaan agama Hindu. Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari bagaimana mereka bisa masuk ke Nusantara.

Perdagangan China di Bumi Nusantara (sumber: keunoan.com)

Menurut para ahli sejarah, cara masuk dan proses penyebaran agama Hindu-Budha di Indonesia terbagi menjadi 2, yaitu:

  • Masyarakat Nusantara berperan pasif
Maksudnya adalah masyarakat Nusantara mempelajari agama Hindu dan Buddha melalui masyarakat India dan China yang datang ke Nusantara.
  • Masyarakat Nusantara berperan aktif
Masyarakat Nusantara belajar langsung ke India dan China untuk mempelajari agama tersebut secara mendalam kemudian kembali ke Nusantara sebagai penyebar agama tersebut.

Dari 2 cara tersebut Squad, muncul 5 teori tentang masuknya agama Hindu-Buddha. 3 untuk yang berperan pasif dan 2 untuk yang berperan aktif. Berikut ini adalah teori-teorinya:

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Maritim Hindu-Buddha Sriwijaya, Mararam, Medang Kamulan 

PASIF

1. Teori BrahmanaTeori ini dikemukakan oleh Van Leur. Ia mengemukakan bahwa para kaum brahmana diundang datang ke Nusantara karena ketertarikan raja-raja yang berkuasa dengan ajaran agama Hindu dan Buddha. Sehingga raja-raja tersebut mendatangkan para kaum brahmana untuk mengajarkan agama tersebut untuk raja dan rakyatnya.

2. Teori WaisyaDikemukakan oleh N.J.Krom yang menyebutkan bahwa para pedagang yang beragama Hindu dan Buddha lah penyebar utama agama tersebut di Nusantara. Karena perdagangan pada jaman dahulu menggunakan jalur laut dan bergantung pada angin, ketika para pedagang ini menetap di Nusantara, mereka memperkenalkan agama dan kepercayaannya kepada masyarakat.

3. Teori KsatriaPada jaman masuknya Hindu-Buddha ke Nusantara, di daratan India dan China sedang berlangsung perang saudara. Raja-raja yang kalah peperangan melarikan diri ke Nusantara untuk berlindung. Lambat laun mereka mendirikan kerajaan kembali di Nusantara dengan corak-corak yang berhubungan dengan agama Hindu atau Buddha yang sebelumnya mereka anut. Nah, teori ini dikemukakan oleh C.C. Berg, Mookerij, J.C. Moens.

AKTIF

1. Teori Arus BalikTeori ini berasumsi bahwa perkembangan ajaran Hindu dan Buddha yang pesat di India, kabarnya sampai terdengar sampai ke Nusantara, dan kemudian menarik minat para kaum terpelajar di Nusantara untuk berguru ke India. Setelah mereka berguru dan pulang ke Nusantara, mereka mulai menyebarkan agama baru yang mereka pelajari disana sebagai pemuka agama dan pendeta. Teori ini dikemukakan oleh F.D.K Bosch.

2. Teori SudraPara budak dari India dan China datang ke Nusantara karena dibawa oleh pemiliknya atau karena mencari kehidupan yang lebih baik. Pada saat mereka menetap di Nusantara, mereka berasimilasi dan berakulturasi dengan penduduk sekitar. Hal tersebut membawa perubahan pada penduduk yang pada awalnya memeluk Animisme dan Dinamisme, berganti memeluk agama Hindu atau Buddha. Teori ini dikemukakan oleh van Faber.

Kebudayaan Hindu dan Buddha tidak hanya memengaruhi cara beribadah masyarakat Nusantara pada jaman itu, tetapi juga memberikan beberapa peninggalan lain. Misalnya kerajaan yang pernah berkuasa, tempat keagamaan, prasasti, cara hidup, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah nama-nama kerajaan Hindu-Buddha:

Selain kerajaan, Hindu-Buddha juga meninggalkan berbagai macam bentuk prasasti. Kalian tahu candi prambanan? Nah itu adalah salah satu peninggalan agama Hindu.

Candi-candi yang merupakan prasasti peninggalan Hindu dan Buddha

Bagaimana Squad, sudah tahu kan bagaimana proses masuknya agama Hindu-Buddha ke Nusantara. Ya, bangsa China dan India berperan besar terhadap proses tersebut. Selain membawa dan menyebarkan kepercayaan, mereka juga meninggalkan bekas pada nama, kata, dan simbol-simbol yang tanpa disadari sering kita jumpai. 

Nah kalau kamu ingin tahu lebih banyak lagi tentang sejarah, kamu bisa belajar lewat video pembelajaran animasi.  Dengan menggunakan sistem belajar journey di ruangbelajar, pastinya pemahaman kamu tentang materi-materi pelajaran akan terus meningkat.

Gallery Masuknya Hindu Budha Ke Indonesia

Lahirnya Masuknya Hindu Buddha By Mc Jackzz On Prezi

Proses Masuknya Pengaruh Hindu Buddha Di Indonesia

Teori Masuknya Hindu Buddha Di Indonesia Ppt Download

Teori Masuknya Agama Dan Budaya Hindu Budha Ke Indonesia

Pengaruh Masuknya Hindu Buddha Di Indonesia Materi Belajar

Teori Masuknya Hindu Budha Ke Indonesia

Ppt Masuknya Agama Hindu Budha Ke Indonesia Powerpoint

5 Teori Masuknya Hindu Budha Ke Indonesia Terlengkap

Jalur Masuknya Hindu Budha Ke Indonesia Teethadiw

4 Theorie Teori Masuknya Hindu Budha Qn85ezmxe2n1

Kerajaan Hindu Budha Dan Islam Di Indonesia Nama Raja Dan

Pengaruh Kebudayaan Hindu Buddha Dan Terbentuknya Kerajaan

6 Peninggalan Sejarah Kebudayaan Hindu Buddha Indonesia

Teori Masuknya Hindu Budha Part Iv Youtube

Lengkap Kebudayaan Hindu Budha Di Indonesia Dan Pengaruhnya

Ppt Proses Masuknya Pengaruh Hindu Budha Ke Indonesia

Proses Masuk Dan Berkembangnya Agama Serta Kebudayaan Hindu

Hindu Budha Di Indonesia Perkembangan Sejarah Pengaruh

5 Teori Masuknya Agama Hindu Buddha Ke Indonesia

Teori Masuknya Hindhu Budha By Wayan Dio Prasatiya On Prezi Next

Teori Teori Proses Masuknya Agama Hindu Budha Ke Indonesia

Hehehe Kali Ini Nanya Lagi Ips Brainly Co Id

Proses Masuknya Agama Hindu Dan Budha Ke Indonesia

Materi Si X Kelas X Perkembangan Agama Dan Kebudayaan

4 Theorie Teori Masuknya Hindu Budha Qn85ezmxe2n1


Comments