Membuat Database Di Excel



Power Pivot For Excel Tutorial And Top Use Cases Toptal

Cara Membuat Database dengan Excel disertai Form Entri Data

Dalam melakukan aktivitas pengisian (entri) data ke dalam suatu tabel daftar pada Excel, kebanyakan orang lebih menggunakan form entri data untuk memudahkan pengisian jika dibandingkan dengan mengisi tabel secara mendatar (horizontal). Berikut ini uraian lengkap untuk mendapatkan fitur Excel tersebut. Sebelum Anda menggunakan fitur form ini, terlebih dahulu Anda harus menentukan jumlah kolom tabel yang akan digunakan. Contohnya: jika Anda ingin membuat 10 kolom isian, maka Anda blok kolom A hingga kolom J, kemudian tampilkan kotak dialog 'Create Table' dengan memilih menu:
Insert > Tables > Table 
Lalu klik 'OK'. Selanjutnya Anda tinggal mengubah tulisan 'Column1' dan seterusnya sesuai dengan judul masing-masing kolom Anda. Pada awalnya menu perintah Form ini tidak ditampilkan pada menu di bagian sudut kiri atas (menu Ribbon), maka untuk dapat menampilkannya ikuti langkah berikut:
  1. Klik tanda panah kecil pada menu Ribbon lalu pilih 'More Commands...' (seperti terlihat dalam gambar di atas). Selanjutnya akan tampil kotak dialog 'Excel Options' yang menyorot menu 'Quick Access Toolbar'.
  2. Pada menu drop-down di bawah tulisan 'Choose commands from:', pilih 'Commands Not in the Ribbon', kemudian temukan dan pilih menu 'Form...' pada kotak daftar di sebelah kiri. Selanjutnya klik tombol 'Add >>', maka menu 'Form...' tersebut tampil di kotak daftar di sebelah kanan.
  3. Klik 'OK' dan icon telah berhasil Anda aktifkan (terlihat seperti pada gambar di bawah ini)
Setelah Anda melakukan langkah tersebut diatas, ketika menu icon Form Anda klik, maka form entri data ditampilkan dengan isian sesuai judul kolom tabel yang Anda buat sebelumnya.
Melalui kotak dialog form ini, Anda tidak hanya dapat membuat entri data, akan tetapi dapat pula meng-edit data yang telah tercatat pada daftar, menghapus data juga dapat mencari dan menampilkan data sesuai dengan kriteria yang Anda tentukan. Adapun kriteria tersebut saya kasih contoh: setelah Anda meng-klik tombol 'Criteria', agar dapat menampilkan data dengan nama berawalan huruf 'J', maka pada isian Nama ketik J lalu Anda dapat mengklik tombol 'Find Next' atau 'Find Prev' untuk menampilkan data khusus yang telah terpilih. Untuk mencari atau menghapus entri tertentu pada tabel Excel melalui tombol Form, Anda dapat mengikuti langkah-langkah seperti contoh yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Gallery Membuat Database Di Excel

Contoh Database Excel Hrasmi

Tutorial Import Data Into Excel And Create A Data Model

Using Database Data In A Bar Code With Zebradesigner Pro Zebra

How To Make Use Tables In Microsoft Excel Like A Pro

Cara Mudah Membuat Aplikasi Form Di Ms Excel

Libreoffice Base 01 Create A Database Create A Table

Get Started With Documents For Excel On Windows

Tutorial Import Data Into Excel And Create A Data Model

Excel Automation Tools Best Of List Automate Excel

Using Database Data In A Bar Code With Zebradesigner Pro Zebra

Cara Membuat Database Di Excel Dalam Waktu 5 Menit

Membuat Formulir Input Data Data Entry Form Di Microsoft Excel

Connect Your Forms To Excel With Zapier The Jotform Blog

How To Create A Database From An Excel Spreadsheet With

App Inventor Tutorials And Examples Google Spreadsheet

Download Our Free Sales Pipeline Template For Excel

Analyze Your Data With Excel Templates Power Platform

Cara Membuat Database Dengan Excel 2007 Dalam 3 Langkah

Cara Membuat Tabel Database Di Excel Belajar Microsoft Excel

Import Export Excel To Datagridview From Windows Forms

Pengertian Dan Cara Membuat Pivottable Di Excel

How To Work With Multiple Users On An Excel 2016 Datasheet

Tecychighnood32 S Soup

Copy Paste Data From Excel Into Stata

2 Cara Mudah Membuat Database Di Excel Dengan Tabel

How To Create A Basic Attendance Sheet In Excel Microsoft

Excel Data Entry And Update Form

How To Work With Excel Date And Time Formulas

Connect To An Excel Data Source Sql Server Import And


Comments